Kamis, 24 November 2011

AMBAK: Apa Manfaatnya BagiKu?


Sebelum kita melakukan hampir segalanya dalam hidup, baik secara sadar atau maupun tidak, kita akan bertanya pada diri kita tentang pertanyaan penting ini ”Apa manfaatnya bagiku?” mulai dari pekerjaan sehari-hari yang paling sederhana hingga monumental yang mengubah hidup, segala sesuatu harus menjanjikan manfaat pribadi atau kita tidak mempunyai motivasi untuk melakukannya.
Oleh karena itu, dalam materi ini akan dijelaskan bagaimana menimbulkana motivasi dalam diri melalui konsep ”AMBAK (Apa Manfaatnya BagiKu?)”.

A.  Pemahaman Konsep “AMBAK”
Apa
Manfaatnya
Bagi
Ku
AMBAK adalah suatu motivasi yang didapat dari pemilihan secara mental antara manfaat dan akibat-akibat suatu keputusan.
Dalam banyak situasi, menemukan AMBAK sama saja dengan menciptakan minat dalam apa yang sedang kita pelajari dengan menghubungkannya dengan “dunia nyata”. Ini terutama benar dalam situasi belajar yang formal. Apakah itu kelas malam, seminar akhir minggu, belajar di sekolah, kita harus mencari cara untuk menjadikannya berarti bagi hidup kita sendiri. Tanyakan pada diri kita, “bagaimana Aku dapat memanfaatkannya dalam kehidupanku sehari-hari”.
Menciptakan minat, mudah untuk beberapa subjek dan lebih sulit untuk subjek-subjek lainnya. Namun, kita dapat selalu menemukan sesuatu yang menarik bagi kita. Peluangnya adalah bahwa kita sudah termotivasi mempelajari satu informasi untuk beberapa alasan. Mungkin itu akan meningkatkan karir kita atau membantu kita agar lebih mudah berkomunikasi, atau mungkin membantu kita agar lebih mudahberkomunikasi, atau mungkin merupakan batu loncatan menuju pendidikan yang lebih tinggi. Jika kita telah memiliki pengalaman beberapa tahun pengalaman dalam pasar kerja, kita pun mempunyai sense yang baik dalam dunia nyata dan apa yang harus diupayakan untuk mendapatkan yang terbaik darinya. Ini mungkin saja akan lebih mudah menciptakan minat, daripada ketika kita masih lebih muda.
Mencipakan minat adalah cara yang sangat baik untuk memberikan motivasi pada diri kita demi mencapai tujuan kita. Contohnya, ketika kita ingin mengikuti kursus bahasa Spanyol. Terlebih dahulu kita harus mengetahui manfaat apa saja yang dapat kita peroleh seperti, memahami pembicaraan dalam bahasa Spanyol, bergerak lebih bebas dan nyaman saat mengunjungi Meksico, mendapatkan harga yang pantas ketika bebelanja di plaza-plaza kota Meksiko, menanyakan arah perjalanan dengan mudah di negara-negara yang berbahasa Spanyol, serta dapat mengembangkan minat dalam bahasa Romawi (Bahasa Prancis, Itali, Spanyol, dan lain-lain). Jika ini memberikan motivasi yang cukup untuk mengabaikan keengganan mengikuti kursus, maka kita akan melangkah maju dan mencurahkan energi yang diperlukan untuk mempelajarinya.
Menciptakan minat semacam ini merupakan jalan yang sangat baik untuk memotivasi diri kita demi mencapai tujuan kita. Bagaimana cara kita menciptakan minat ini tergantung pada berbagai hal dalam kehidupan kita sendiri. Jadi, masing-masing orang akan melakukannya dengan cara yang agak berbeda.
Ketika kita menciptakan minat pada suatu subjek, kita akan sering menemukan bahwa ini menuju pada minat baru, menciptakan rekreasi rantai yang terus-menerus.

B.  ”Belajar aktif” dan mengapa menjadi pelajar yang aktif
Materi ini meningkatkan peran kita sebagai pelajar seumur hidup. Materi ini tentang memikul tanggungjawab demi meningkatkan kualitas hidup kita dengan belajar sedapat mungkin dari setiap situasi dan memanfaatkannya untuk diri kita dan orang-orang yang kita cintai. Dan untuk mengkaji secara efektif masalah-masalah yang penting bagi kita. Dalam materi ini juga dijelaskan mengenai “belajar aktif” lawan “belajar pasif”.
Jika kita bertanggungjawab atas hidup kita, kita akan mulai membuat segalanya terjadi dan bukan sekedar membiarkannya. Belajar aktif adalah masuk kedalam kehidupan, bukan membiarkan hidup mengombang ambingkan kita. Alih-alih menjadi produk dari gaya mengajar seorang professor, cengkeraman kebijakan perusahaan, atau korban angin perubahan, kita menjadi sesuatu kekuasaan yang agresif. Tempatkan diri kita dalam posisi “pencari” dan mulailah pencarian ilmu.
Apakah AMBAK kita menjadi pelajar yang aktif? Pelajar yang aktif memperoleh nilai-nilai yang lebih baik, lebih cepat dipromosikan, mendapatkan penghasilan lebih besar, dan biasanya mendapat kenikmatan yang lebih besar dalam hidup. Jika kita sedang mencari ilmu, maka secara otomatis kita akan terbuka untuk pengalaman dan pelajaran yang ditawarkan oleh kehidupan. Pikiran yang terbuka menyerap dan mengolah pengetahuan, kemudian dengan penuh semangat mencari lebih banyak lagi. Hal ini terbentang dari “diri” yang introspektif dan mulai bertualang didunia luas. Semangatnya adalah untuk menelusuri setiap kawasan yang baru, mengintip kesetiap celah-celah yang tersembunyi dan mengikuti setiap jalur yang ada dalam rangka mencari pengetahuan.
Dengan mempelajari materi ini kita akan memahami teknik-teknik yang efektif yang telah terbukti untuk menjadi pelajar yang istimewa. AMBAK – motivasi itu benar-benar bersifat pribadi bagi setiap orang yang mempelajari ini. Tetapi, kita harus memutuskanbahwa manfaatnya lebih besar daripada waktu dan energi yang kita keluarkan, dan waktu serta energi sangat penting untuk menjadi seorang pelajar Quantum. Mula-mula, kita harus membuat komitmen untuk membuka diri kita terhadap teknik-teknik dan latihan-latihan dalam materi ini, dan mempraktikkannya dengan niat untuk menjadikannya bagian dari hidup kita. Secara keseluruhan, apapun tujuan khusus kita, AMBAK mempelajari materi ini haruslah “karena materi ini bermanfaat bagiku”.

C.  ”inilah saatnya” dan merayakan keberhasilan
Jika kita merasa “ini bukan saatnya” saat melakukan sesuatu, maka cobalah untuk katakan pada diri kita: “inilah saatnya” untuk memanfaatkan waktu kita. Ucapkan keras-keras, dengan penuh keyakinan. Lakukan kegiatan-kegiatan seperti, belajar, berolahraga, bersosialisasi dengan orang lain dan lain sebagainya. Hidupkanlah benar-benar saat itu, dan temukan manfaat dalam apapun yang sedang kita lakukan. Cobalah untuk efisien dan sempurna, curahkan segala sesuatu yang kita ketahui untuk mengerjakan pekerjaan ini lebih baik daripada yang pernah kita lakukan sebelumnya.
Ketika kita bertanya, “apa manfaatnya bagiku?” pastikan untuk memasukkan perayaan dalam jawaban kita. Dengan merayakan selesainya tugas, kita akan mendapatkan perasaan berhasil, kesempurnaan, kepercayaan diri, dan motivasi untuk pekerjaan berikutnya.

1 komentar:

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    www.arenakartu.cc
    100% Memuaskan ^-^

    BalasHapus