Kamis, 24 November 2011

POTENSI DIRI


A.    Pengertian Potensi diri
Setiap individu memiliki potensi diri,dan tentu berbeda setiap apa yang dimiliki antara satu orang dengan oarang lain. Potensi diri dibedaan menjadi dua bentuk yaitu potensi fisik dan potensi mental atau psikis. Potensi fisik yang dimaksud dalam kesempatan kali ini adalah menyangkut dengan kesdaan dan kesehatan tubuh ,wajah, dan ketahanan tubuh,sedangkan potensi psikis berhubungan dengan IQ(Intelegensi Quotient),EQ ( Emotional Quotient), AQ ( Addversity quotient) dan SQ ( Spiritual Quotient ).
Potensi diri adalah kemampuan dan kekuatan yang dimiliki oleh seseorang baik fisik maupun mental yang dimiliki seseorang dan empunyai kemungkinan untuk dikembangkan bila dilatih dan ditunjang
dengan sarana yang baik ( Habsari 2004:2),sedangkan diri adalah seperangkat proses atau ciri-ciri proses fisik,prilaku dan psikologis yang dimiliki.
Kekhasan potensi diri yang dimiliki oleh seseorang berpengaruh besar pada pembentukan pemahaman diri dan konsep diri. Ini juga terkait erat dengan prestasi yang hendak diraih didalam hidupnya kelak. Kekurangan dan kelebihan yang dimiliki dalam konstek potensi diri adalah jika terolah dengan baik akan memperkembangkan baik secara fisik maaupun mental. Aspek diri yang dimiliki seseorang yang patut untuk diperkembangkan antara lain:
a.      Diri fisik :meliputi tubuh dan anggotanya besrta prosesnya.
b.      Proses diri: merupakan alur atau arus pikiran,emosi dan tingkah laku yang konstan.
c.       Diri sosial : adalah bentuk fikiran dan perilaku yang diadopsi saat merespon orang lain dan masyarakat sebagai satu kesatuan yang utuh.
d.      Konsep diri: adalah gambaran mental atau keseluruhan pandangan seseorang tentang dirinya.( Habsari 2004 : 2).

Potensi pada diri manusia merupakan salah satu pembeda antara individu yang satu dengan lainnya. Adapun potensi tersebut dapat diklasifikasikan sebagai: 1) kemampuan dasar, seperti tingkat intelegensia, logika, kemampuan abstraksi dan daya tangkap; 2) sikap kerja, seperti ketekunan, ketelitian, tempo kerja dan daya tahan terhadap stres; 3) kepribadian, yaitu pola menyeluruh semua kemampuan, perbuatan serta kebiasaan seseorang, baik yang jasmaniah, mental, rohani, emosional maupun sosial, yang semuanya telah ditata dalam cara khas dibawah aneka pengaruh dari luar. Beberapa contoh potensi diri manusia tersebut antara lain kejujuran, keimanan, kesetiaan, kerapian, ketegasan, kematangan, kedewasaan, kecerdikan, kebijakan, keramahtamahan dan sebagainya.

B.     Macam-macam potensi diri
Secara umum, manusia memiliki potensi diri yang dapat dibedakan menjadi 5 macam, yaitu:

1.         Potensi Fisik (Phychomotoric)
Potensi diri ini dapat diberdayakan sesuai fungsinya untuk saling membagi kepentingan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Contohnya hidung untuk mencium bau, tangan untuk menulis, kaki untuk berjalan, telinga untuk mendengar, dan mata untuk melihat.
2.         Potensi Mental Intelektual (Intellectual Quotient)
Potensi diri ini adalah potensi kecerdasan yang terdapat di otak manusia (terutama otak bagian kiri). Fungsi dari potensi ini yaitu untuk merencanakan sesuatu, menghitung dan menganalisis.
3.         Potensi Sosial Emosional (Emotional Quotient)
Potensi diri ini sama dengan potensi mental intelektual, tetapi potensi ini terdapat di otak manusia bagian kanan. Fungsinya yaitu untuk bertanggung jawab, mengendalikan amarah, motivasi, dan kesadaran diri.
4.         Potensi Mental Spiritual (Spiritual Quotient)
          
Potensi ini merupakan potensi kecerdasan yang berasal dari dalam diri manusia yang berhubungan dengan kesadaran jiwa, bukan hanya untuk mengetahui norma, tapi untuk menemukan norma. 
5.         Potensi Daya Juang (Adversity Quetient)
Sama seperti potensi mental spiritual, potensi daya juang juga berasal dari dalam diri manusia dan berhubungan dengan keuletan, ketangguhan, dan daya juang yang tinggi.

C.     Cara-cara mengembangkan potensi diri
Jika berbicara tentang potensi diri, maka harus kembali pada masing-masing individu. Setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dari kekurangan pada masing-masing individu tersebut perlu dikembangkan potensi yang ada dalam diri untuk menutupi kekurangan tersebut.
Beberapa cara yang dapat dilakukan dalam mengembangkan potensi diri adalah sebagai berikut.
1.      Setiap kegiatan harus diawali dengan niat
2.      Harus selalu berfikir positif dalam setiap hal
3.      Harus memiliki komintmen
4.      Jangan mengganggap remeh orang lain
5.      Mencerna selaga saran, kritik & masukan yang bersifat membangun dari orang lain
6.      Konsisten terhadap apa yang kita lakukan
7.   Yakin lah bahwa kita pasti bisa

97 komentar:

  1. Nama: Nerazzuri Azkalifi Hugo Prasetyo
    Absen:18
    Kelas:8C
    Saya sudah membaca materi BK

    BalasHapus
  2. Nama:Michelle sew wai heong
    Kelas:8C
    Absen:16
    Saya sudah membaca materi BK

    BalasHapus
  3. Nama:Maulinda Zaneta Ravveria
    Kelas :8F
    No :16
    Saya sudah membaca materi BK

    BalasHapus
  4. Nama : Seyrra Sahmura Mahandhika
    Kelas : 8F
    Absen : 27
    Saya sudah membaca materi bk

    BalasHapus
  5. Nama: Mira fadyah Saputri
    Kls: 8A
    Absen:15
    Saya sudah membaca materi bk

    BalasHapus
  6. Nama: Marchel Dwi Pamungkas
    Absen: 15
    Kelas: 8C

    BalasHapus
  7. Nama: Salwa Gita Adyana
    Kelas: VIII B
    Absen:28

    BalasHapus
  8. Nama :Aurel Firzatulloh Rahmadani
    Kelas:8F
    Absen: 6

    BalasHapus
  9. Nama: Pradipta Reyhan Firdaus
    Kelas:8E
    Absen:25
    Saya sudah membaca materi bk

    BalasHapus
  10. Nama:Chesya adabi fahreza
    Kelas:8G
    Absen:7

    Saya sudah membaca materi BK

    BalasHapus
  11. Ananda eriel nasetya pratama
    VIIIB
    6

    BalasHapus
  12. nama: Ahmad Dwi Maulana
    Kls:8F
    Absen:3
    Saya sudah membaca materi BK

    BalasHapus
  13. Nama:Villan Jazzyca
    Kelas:8F
    Absen:31
    Saya sudah membaca materi BK

    BalasHapus
  14. Nama : Firdiaz Aurelio Pandu saputra
    Kls : 8f
    Absen: 11

    Sudah membaca materi

    BalasHapus
  15. Nama:Nova Dwi Andika
    Kls:8F
    Absen:22

    BalasHapus
  16. Nama: Muhammad zidhan syahputra
    Kelas:8F
    Absen:19
    saya sudah membaca materi

    BalasHapus
  17. nama:roberto anggara eka saputra
    kelas:8E
    absen:28

    saya sudah membaca materi bk

    BalasHapus
  18. Nomor:19
    Kelas:8D
    Nama:muhamad bagas saputra

    BalasHapus
  19. Mochamad Panji Pratama
    Kelas=8D
    Absen=18
    Saya sudah membaca materi BK

    BalasHapus
  20. Nama : Anggrelia Kirana Zara
    No:06
    Kelas:8D
    Saya sudah membaca materi BK

    BalasHapus
  21. Nama:Afrian Ardan Putra Damarjati
    Absen:2
    Kls:8A

    BalasHapus
  22. NAMA:WARASTRI TIRTA ARYANI
    NO.ABSEN:30
    KELAS:8G

    BalasHapus
  23. Nama: Gading Diva Ibrazhara
    Kls:8E
    No:13
    Saya sudah mambaca materi BK

    BalasHapus
  24. Nama: Gading Diva Ibrazhara
    Kls:8E
    No:13
    Saya sudah membaca materi BK

    BalasHapus
  25. saya Keysa Alea Nazila Natali Putri 8A 13 saya sudah membaca materi bk

    BalasHapus
  26. Nama = Naila zhania azzahra
    Kelas = 8E
    No = 20

    BalasHapus
  27. Hanifah syahrani
    8E
    15
    Saya sudah membaca materi bk

    BalasHapus
  28. Nama: Rahel Amelia Mutiara Ndaru
    Kelas:8c
    Absen:20
    Saya sudah membaca materi bk

    BalasHapus
  29. Nama wildhan fahriyan
    Krlas 8c
    Absen 30
    Saya sudah membaca materi BK

    BalasHapus
  30. Nama : Ardin Irsyaadul Ibaad
    kelas : 8G
    No Absen : 04
    sUDAH MEMBACA MATERI

    BalasHapus
  31. Nama:Arla diva alzahra
    Kelas:8G
    No absen:04
    Saya sudah membaca materi

    BalasHapus
  32. Nama : Novinda Arlentta Estianty
    Kls / No absen : 8E / 24
    Saya sudah membaca materi BK , Terimakasih.

    BalasHapus
  33. Nama:febrina cinta larasati
    Nomor:11
    Keterangan : saya sudah membaca materi bk

    BalasHapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  35. Nama:Lia Sintia Wulan sari
    Absen:14
    Saya sudah membaca materi

    BalasHapus
  36. nama:Deasita Zalzila Khoirol Bariya
    absen:08/8A
    keterangan:saya sudah membaca materi bk

    BalasHapus
  37. Nama:Rava Reza Fatoni
    Absen:23
    Kelas:8A
    Keterangan:Saya sudah membaca materi BK

    BalasHapus
  38. Nama:henita putri cahyani
    Absen/kelas:13/8g
    Saya sudah membaca materi bk

    BalasHapus
  39. Nama:Adinda Zahra Yaniar Santoso
    Absen:01/8c
    Ket:Saya sudah memebaca materi bk

    BalasHapus
  40. Nama: Najwa Rahmaida Ramadani
    Absen:21
    Kelas:8E
    Keterangan:saya sudah membaca dan mencermati materi bk

    BalasHapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  42. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  43. Nama: Salsa Niken Ayu
    Kelas: 8A
    Absen: 26
    Saya sudah membaca dan mencermati materi BK.

    BalasHapus
  44. Nama: Singgih Ferdiarta
    Absen: 28
    Kelas: 8F
    Ket: saya sudah membaca materi BK

    BalasHapus
  45. Nama:Farel Febiaca Octa Viano Putra
    Absen:14
    Kelas:8B
    Keterangan:saya sudah membaca material bk

    BalasHapus
  46. Nama:syahrul roy triabihans
    Absen:27
    Kelas:8G
    Ket:saya sudah membaca materi bk

    BalasHapus
  47. Nama: Muhammad Hanan annaqiy
    Absen:17
    Kelas:8C
    Ket:saya sudah membaca materi bk

    BalasHapus
  48. Nama:jidan melandri
    Kelas:8G
    absen:13
    Saya sudah menbaca materi bk

    BalasHapus
  49. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  50. Nama:rena adelina praditia
    Kelas:8c
    Absen:21
    saya sudah membaca materi BK

    BalasHapus
  51. Nama:saskia kirana mai zalfa
    Absen:27
    Kelas:8d
    Ket:saya sudah membaca materi BK.

    BalasHapus
  52. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  53. Nama: Muhammad Gilang Ramadhan
    Absen:16
    Kelas:8A
    Ket:saya sudah mambaca materi bk

    BalasHapus
  54. Nama:Navinza laudia cheril
    No:20
    Kelas:8B
    Saya sudah membaca materi BK

    BalasHapus
  55. Nama:Dwi Hanifatus Sa'diyah
    No absen:08
    Kelas:8B
    Ket:saya sudah membaca materi BK

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:Dwi Hanifatus Sa'diyah
      No absen:08
      Kelas:8F
      Ket:saya sudah membaca materi BK

      Hapus
  56. Nama:Ragilia riris islah nurrohma
    Kelas:8B
    Absen:23
    Saya sudah membaca materi BK

    BalasHapus
  57. Nama:septia rara ramadani
    Kelas:8c
    Absen:27
    Ket:saya sudah membaca materi bk

    BalasHapus
  58. Nama:Deca Amelia Safitri
    Kelas:8D
    Absen:09
    saya sudah membaca materi BK

    BalasHapus
  59. Nama: Trista Sintiya Larasati
    Kelas:8F
    Absen:30
    Saya sudah membaca materi BK

    BalasHapus
  60. Khailila In'am Nur Istianah
    8E-16

    BalasHapus
  61. Nama:karina almamaira ariviana putri
    Kelas:8G
    No:15

    BalasHapus
  62. Nama: Disnatra Insan Larasaty
    Kelas:8E
    Absen:09
    saya sudah membaca materi BK

    BalasHapus
  63. Nama: Hana Diaz Natasha
    Kelas: 8A
    No: 10
    saya sudah membaca materi BK

    BalasHapus
  64. Nama: Rafarel Latief Firdaus
    Kelas:8a
    Absen:21
    Saya sudah membaca materi BK

    BalasHapus
  65. Nama:Fadil Azhrila Revarino
    Kelas:8E
    No:11
    Saya sudah membaca materi bk

    BalasHapus
  66. nama:tri Cahyani wulandari
    kelas:8A
    absen:29
    saya sudah membaca materi bk

    BalasHapus
  67. Nama:Astia Wahyu Sekar A.
    Absen:07
    Kelas:8D
    Saya sudah membaca materi BK

    BalasHapus
  68. Nama : wiliyan renaldo
    Absen : 32
    Kelas : 8F
    Saya sudah membaca materi BK

    BalasHapus
  69. achmad abi dault assegaf
    8G
    01
    saya sudah membaca materi bk

    BalasHapus
  70. Nama:Erik Yoga Putra Pratama
    Kelas:8D
    No:13
    Saya sudah membaca materi BK

    BalasHapus
  71. Nama: Bunga Pingkan Lestari
    Kelas:8c
    No:06
    Saya sudah membaca materi bk

    BalasHapus
  72. Agni Nuril Syagita
    8C
    02
    Saya sudah membaca materi bk

    BalasHapus
  73. Nama:Al Zahra Syafira Putri
    Kelas:8D
    Nomor:5
    Saya sudah membaca materi BK

    BalasHapus
  74. Nama :Aurel Firzatulloh Rahmadani
    Kelas:8F
    Absen:6
    Saya sudah membaca materi BK

    BalasHapus
  75. nama:Afrian Ardan Putra Damarjati
    Kelas:8A
    Absen:2
    Saya Sudah Membaca Materi BK

    BalasHapus
  76. Nama:Selvi Dwianti
    Kelas:8C
    No Absen:26
    Saya sudah membaca materi BK

    BalasHapus
  77. Nama:Reva enjelina dewi
    Kelas:8b
    Absen:24
    Saya sdh membaca materi bk

    BalasHapus
  78. Nama:Vicky Amelia
    Kelas:8E
    Absen:3
    "Saya sudah membaca materi BK"

    BalasHapus
  79. Nama: Muhammad Hanan annaqiy
    Kelas:8c
    Absen:17
    "Saya sudah membaca materi BK"

    BalasHapus
  80. nama : Neha Karimah Uswatun Khasanah
    absen : 22
    kelas : 8e
    "saya sudah membaca materi bk"

    BalasHapus
  81. Alvino Gio Pranata
    absen 04
    Kelas 8A
    Saya sudah membaca materi bk

    BalasHapus
  82. Nama: farrel dyo adinnata
    Absen:10
    Kls:8f
    Saya sudah membaca materi bk

    BalasHapus
  83. Nama:Puput Dwi Indra novasari
    Abs.:18
    Kls.:8A
    Saya sudah membaca materi BK

    BalasHapus
  84. Nama:Yachika novita rahma
    Abs.:31
    Kls.:8C
    Saya sudah membaca materi BK

    BalasHapus
  85. Nama :Reni Andra Prafastika
    Abs :24
    kls :8A
    Saya sudah memmbaca materi BK

    BalasHapus
  86. Nama: Muhammad Hanan annaqiy
    ABS:17
    Kls:8-c

    BalasHapus
  87. Nama:agnes veronica
    Kls:8f
    Saya sudah membaca materi BK

    BalasHapus