Kamis, 24 November 2011

Pengenalan Hakikat “Making of Decision/Decision Rule”dalam Menyelesaikan Suatu Masalah


A.    Pengertian Dasar Dari Keputusan
Keputusan secara harfiah merupakan suatu hal yang dilakukan untuk memilih sesuatu yang sifatnya cenderung memaksa dan segera. Banyak orang terkadang merasa bingung jika mereka dihadapkan pada suatu situasi yang mengharuskan mereka untuk membuat dan mengambil sebuah jalan terbaik bagi hal atau masalah yang sedang dihadapi.
Di setiap harinya bahkan di setiap waktunya, manusia senantiasa dihadapkan pada berbagai pilihan dan kemungkinan-kemungkinan yang harus mereka pilih atau mereka putuskan. Di setiap keputusan yang
kita ambil atau pilih tak jarang akan menghadirkan suatu resiko-resiko tertentu (konsekuensi-konsekuensi). Konsekuensi-konsekuensi tersebut ada yang bersifat positif atau pun bersifat negatif.
Konsekuensi positif adalah dampak atau suatu hal yang bernilai baik yang mungkin terjadi di balik keputusan yang kita pilih. Sedangkan konsekuensi negatif dapat diartikan sebagai suatu dampak yang buruk bila kita mengambil suatu keputusan tertentu. Di setiap keputusan yang kita ambil pasti ada pertimbangan konsekuensi-konsekuensi baik positif atu negatif. Hanya saja yang  membedakannya adalah kadar atau jumlah point-point dari masing-masing jenis konsekuensi tersebut.

B.     Hakikat Dari “Making Of Decision/Descision Rule
Making of Decision/Decision Rule merupakan suatu jalan bagi seseorang untuk membuat, memilih, dan mengambil suatu pilihan terbaik untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu yang berfungsi penuh dalam menyelesaikan suatu permasalahan secara bijaksana.
Pengambilan suatu keputusan merupakan suatu hal yang essensial bagi manusia. Kemampuan manusia satu dengan manusia yang lainnya memiliki perbedaan dalam mengambil suatu keputusan secara tepat. Kemampuan untuk membuat pilihan secara tepat, bukan merupakan suatu kemampuan bawaan, tetapi suatu kemampuan yang harus dikembangkan. Adapun kaitan dari hal ini berkenaan dengan tugas konselor sebagai petugas bimbingan adalah mengembangkan kemampuan para peserta didik untuk memecahkan masalahnya dan mengambil suatu keputusan secara tepat dalam hidup.

C.    Karakteristik Suatu Keputusan Yang Baik
Adapun karakteristik dari suatu keputusan yang baik antara lain adalah sebagai berikut:
1.      Dibuat berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu.
2.      Didasarkan pada rasional yang positif.
3.      Tidak memberatkan diri atau memberatkan orang lain di satu sisi saja.
4.      Merujuk pada permasalahan yang sedang dihadapi.
5.      Mampu diterima oleh semua pihak baik diri sendiri maupun orang lain yang bersangkutan dengan masalah tersebut

D.    Teknik-Teknik/Langkah-Langkah Dalam  Mengambil Suatu Keputusan
1.      Memikirkan secara matang posisi kita dalam masalah yang kita alami.
2.      Merumuskan sebab-sebab internal dan eksternal dari masalah yang kita hadapi tersebut
3.      Pikirkan kemungkinan-kemungkinan tindakan yang akan Anda ambil untuk menyelesaikan masalah Anda.
4.      Pikirkan pula konsekuensi-konsekuensi yang ada pada tiap kemungkinan –kemungkian tindakan yang akan Anda pilih tadi.
5.      Pertimbangkan baik buruknya antara tindakan yang akan Anda ambil dengan konsekuensi-konsekuensi yang muncul. 
6.   Ambil atau pilihlah suatu keputusan tindakan yang memunculkan konsekuensi negatif lebih sedikit atau dengan kata lain, pilihlah keputusan yang memiliki resiko yang kecil dan tidak merugikan diri Anda serta orang lain di sekitar Anda.

1 komentar:

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    www.arenakartu.cc
    100% Memuaskan ^-^

    BalasHapus