Kamis, 24 November 2011

Merencanakan karir dengan konsep A.K.U


Bagian  penting dalam membuat perencanaan karier dan meningkatkan kontrol terhadap karier adalah dengan mengerti akan diri sendiri. Yang berarti siswa dapat mengerti akan dirinya sendiri, tentang kepribadiannya, kemampuan, dan nilai kerja yang mempengaruhi tipe karier yang ideal buat siswa. Dengan konsep A.K.U akan membantu siswa untuk bisa memahami aspek akan dirinya sendiri seperti ambisinya, kenyataan yang ada pada dirinya ataupun usaha yang bisa dilakukan sehingga siswa bisa melakukan perencanaan karir dengan matang. Maksud dari konsep A.K.U adalah ambisi, kenyataan dan usaha. Ambisi merupakan keingiana, cita-cita sesuatu yang sangat ingin dicapai sedangkan kenyataan adalah kelebihan dan kekurangan pada diri yang dapat menjadi factor pendukung atau penghambat terhadap sebuah ambisi dan usaha merupakan suatu kegiatan untuk mencapai ambisi

A.    Definisi perencanaan karir
Karier Seorang dapat dianggap sebagai proyek jangka panjang dalam kehidupan individu. Karier seseorang mungkin dalam bidang bisnis, hukum, mengajar, entertainment, atau sesuatu yang lain (Care, 1984). Menurut Holland (1979), individu tertarik pada suatu karier tertentu karena kepribadiannya dan berbagai variabel yang melatarbelakanginya
Fottler & Bain (1984) mengatakan perencanaan karier merupakan sebuah proses yang dimulai sejak usia awal dimana ketika siswa dapat memikirkan tentang membuat pilihan karier, bagian  penting dalam membuat perencanaan karier dan meningkatkan kontrol terhadap karier adalah dengan mengerti akan diri sendiri. Yang berarti siswa dapat mengerti akan dirinya sendiri, tentang kepribadiannya, kemampuan, dan nilai kerja yang mempengaruhi tipe karier yang ideal buatnya.

B.     Konsep A.K.U
A.K.U adalah singkatan dari kata Ambisi, Kenyataan, dan Usaha dari 3 hal ini saling berkaitan satu sama lain.
·         Ambisi
Semua orang punya ambisi hanya kadarnya yang berbeda-beda. Ambisi ialah suatu dorongan di dalam diri kita yang membuat kita terpacu untuk mengerjakan sesuatu dengan hasil yang baik dan kita mempunyai tujuan di dalam ambisi itu. Sebenarnya ambisi itu sendiri bukan sesuatu yang negatif, tetapi menjadi bermasalah jika ambisi tersebut berlebihan dan tidak sebanding dengan kekuatan atau pun potensi yang seseorang miliki. Maka orang tersebut tidak bisa melihat lagi realita dengan jelas dan tepat. Ada berbagai gejala yang bisa dirasakan apabila ambisi terlalu besar, misalnya secara garis besar :
  1. Gejala fisik yang ditampilkan, berbagai penyakit yang diakibatkan oleh stres, seperti jantung, lambung, liver, sakit kepala
  2. Gejala kejiwaan, orang tidak bisa melihat realita dengan tepat karena sering kali orang ini hidup dalam alam yang tidak nyata, bisa juga menderita gangguan kejiwaan.
  3. Gejala perilaku, yang nampak nyata  misalnya ada yang suka omong besar, dalam persaingan dia takut bersaing, dia berusaha menghalangi kemajuan orang lain dan kalau perlu menyingkirkan orang lain, cepat marah, gampang tersinggung baik di pekerjaan maupun di rumah, penggunaan obat-obatan berlebihan karena ingin lari dari kenyataan, suka melamun, sulit mengendalikan diri dalam hal pengeluaran karena dia berambisi menjadi orang kaya. dsb.
Ada beberapa hal yang kita harus kendalikan dari ambisi supaya bisa mempunyai dampak yang positif yaitu:
  1. Kita perlu peka terhadap batas-batas kemampuan kita sendiri.
  2. Kita perlu secara tajam menganalisa realitas dengan cara pandang yang benar, kita perlu punya suatu tujuan dan misi yang jelas.
  3. Kita belajar mencukupkan diri dengan apa yang telah diberikan kepada kita, kita bersyukur dengan pemberian Tuhan untuk kita.
·         Kenyataan
Kenyataan yang dimaksud di sini adalah keadaan diri pribadi seseorang. Karakteristik apa saja yang ia miliki, segala bentuk keterbatasan, keahlian, hobi, minat, dan lain lain. Selain itu, di dalam kenyataan ini juga termasuk keadaan-keadaan tertentu yang ada di sekitar seseorang, misalnya keadaan sosial ekonomi keluarga, jumlah saudara kandung, koneksi-koneksi sosial yang dimiliki, dan sebagainya. Untuk mempermudah, kenyataan diri  dapat disusun menjadi dua bagian besar. Yaitu kenyataan-kenyataan yang sifatnya membantu pencapaian ambisi, dan kenyataan yang berkemungkinan menghambat pencapaian ambisi
·         Usaha
Usaha dalam konsep  A.K.U adalah upaya atau kegiatan yang dilakukan untuk mencapai ambisi, yang perlu disadari adalah bahwa terkadang tidak mungkin mencapai suatu ambisi dengan hanya mengandalkan usaha satu langkah saja, yang menjadi tantangan memang bukanlah membuat seseorang  menyusun penetapan A.K.U nya, melainkan menyadarkan bahwa merekalah yang bertanggung jawab atas masa depannya sendiri. Oleh karena itu hendaknya mereka mau meluangkan waktu untuk sedikit melalui proses mandiri merancang keberhasilannya.

C.    Keterkaiatn perencanaan karir dengan konsep A.K.U
Ketika siswa dapat memikirkan tentang perencanaan karier, bagian  penting dalam membuat perencanaan karier dan meningkatkan kontrol terhadap karier adalah dengan mengerti akan diri sendiri yang berarti siswa dapat mengerti akan dirinya sendiri, tentang kepribadiannya, kemampuan, dan nilai kerja yang mempengaruhi tipe karier yang ideal buat siswa. Maka dengan konsep A.K.U akan membantu siswa untuk bisa memahami aspek akan dirinya sendiri seperti ambisinya, kenyataan yang ada pada dirinya ataupun usaha yang bisa dilakukan untuk mencapai ambisi sehingga siswa bisa melakukan perencanaan karir dengan matang. Berikut contoh perencanaan karir dengan konsep A.K.U :
Joko adalah siswa kelas X SMA Negeri 4, Dia berambisi menjadi seorang arsitektur yang handal. Faktor pendukung : kemampuan fisik, pandai menggambar dan telaten dalam segala hal. Namun dia memiliki penghambat terhadap nilai-nilai yang kadang kurang bagus untuk mata pelajaran matematika. Dia berusaha mengikuti tambahan belajar baik di luar sekolah maupun di dalam sekolah. Dia juga iktu klub mathematic untuk mengasah terus kemampuan berhitungnya.
Dari ilustrasi diatas dapat digambarkan bahwa Joko sudah semaksimal mungkin melakukan usaha untuk mencapai ambisinya dengan tetap memperhatikan kenyataan yang dialaminya dalam merencanakan masa depan.
            Apabila ambisi tidak dapat tercapai karena factor penghambat tidak dapat diatasi  maka dibutuhkan suatu kemampuan untuk dapat menerima kenyataan, bahwa ada kekuatan diluar diri kita yang mengatur hidup kita dan pasti ada hikmah dibalik ambisi kita yang gagal tersebut dan semuanya dikembalikan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kemampuan ini sering disebut Emosional Spiritual Quotient yaitu kemampuan seseorang untuk dapat memahami bahwa apapun yang dilakukan di dunia ini karena Tuhan YME, semua kegiatan yang dikerjakan selalu berorentasi kepada Tuhan YME, sehingga apabila ada kegagalan tidak akan putus asa dan mampu menjadikan hambatan menjadi sebuah peluang. Untuk itu harus kreatif agar dapat mengalihkan / menemukan ambisi / cita-cita ke bidang lain sehingga dapat sukses baik di dunia maupun akhirat.

1 komentar:

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    www.arenakartu.cc
    100% Memuaskan ^-^

    BalasHapus